Di Sela Perjalanan Panjang



Segelas kopi di pagi hari
Matic Pustaka- Cerita pendek bertajuk kopi di pagi hari.

Segelas kopi di pagi hari menemani duduk di ruang tamu yang dikelilingi tumpukan buku. Seperti motto sebuah perguruan tinggi swasta di salah satu daerah “bisa dicicil”, itulah yang mengilhami proses pengelolaan perpustakaan mandiri yang sedang mengalami kevakuman. Ada, tetapi tidak nampak, berdiri namun tak terlihat. Sebuah perpustakaan yang sudah berdiri sejak dua tahun lebih, mengalami pasang surut sirkulasinya. Ibarat orang mengadu nasib mengalami kembang-kempis timbul tenggelam. Bahkan kata seorang guru kami “tidurnya terlalu lama.” Tidak bisa dipungkiri, perihal kegiatan yang berstatus sosial kemasyarakatan, jika tidak dipupupk oleh semangat baru dari segala sumber, pasti akan mengalami sebuah stagnan atau hanya terdiam. Terlebih tanpa adanya sebuah tim yang bekerja di dalamnya.

Membagi waktu antara bekerja dan berkegiatan bukan hal mudah untuk dilakukan, perlu sebuah manajemen yang baik mengelolanya. Dasar dari sebuah konsisten adalah rasa suka atau hobi. Jika kita sudah menyukai sebuah pekerjaan, walaupun pada akhirnya tidak mendapatkan finansial seperti layaknya menjalani sebuah pekerjaan, namun disisi lain akan menemukan sebuah kepuasan tersendiri. Fadktor lain adalah miskin ide, ketidakkreatifan dalam menemukan formulasi untuk menggaet minat masyarakan di dunia baca bisa menjadi salah satu faktor kevakuman sebuah perpustakaan. Terlebih lagi dewasa ini semua orang disuguhkan dengan kemudahan-kemudahan menemukan sesuatu apapun. Mulai dari mencari cara memasak, makanan, bahkan menemukan barang belanjaan yang diinginkan pun cukup dengan meng-klik dan dalam hitungan detik sudah bisa diketahui keberadaannya. Cukup mudah bukan?

Sebagai kita yang memiliki kepedulian terhadap generasi masa depan, tentu kita berfikir secara panjang dan matang dalam menyikapi hal demikian. Tidak semudah seperti apa yang kita bayangkan sebelumnya, budaya membaca memang terkesan ketinggalan jaman. Namun, jika kita tilik secara perlahan dan dari segi kemanfaatan, ternyata jauh ke depan manfaat yang bisa kita peroleh dari membaca buku sangatlah luar biasa. Mungkin untuk saat ini kita belum bisa merasakan dampaknya secara langsung, akan tetapi beberapa waktu mendatang, kita akan dapat merasakannya dampak dari membaca buku.

Sebagai contoh, dalam sebuah pendidikan/sekolah, jika kita malas membaca buku, untuk menjawab sebuah soal yang diberikan oleh guru kita pasti kita akan mengalami kesulitan. Kecuali jika kita memiliki kemampuan di atas rata-rata, yang diterangkan sekali bisa mengingatnya berkali-kali. Itu sebuah contoh yang bisa kita jumpai di sekolah-sekolah. Ada banyak contoh lagi dari manfaat membaca buku lainnya. Yang jelas, dari beberapa manfaat yang dapat kita ambil, kegiatan membaca buku merupakan hal positif yang perlu kita biasakan sejak kita mengenal huruf, dengan harapan setelah kita mulai mengikuti perkembangan jaman, tidak akan ada kata sulit setelah kita lakukan membaca buku.

Kembali lagi kepada permasalahan tadi, perpustakaan mandiri yang kami kelola memiliki tujuan yang salah satunya adalah mendekatkan buku bacaan kepada masyarakat. Sasaran utama adalah warga terdekat di lingkungan kami berada. Namun kembali lagi kepada rasa sadar masyarakat akan pentingnya membaca. Menjadi sebuah tantangan bagi kami pengelola perpustakaan jika sarana dan fasilitas sudah mendukung, tetapi keinginan untuk memanfaatkan bahan bacaan masih rendah. Tidak ada yang perlu disalahkan dalam hal ini, yang namanya kesadaran itu munculnya dari hati dan pemikiran masing-masing. Walaupun kita memberikan iming-iming berupa hadiah, pada saat itu saja mungkin keinginan untuk mendekati kami ada. Setelahnya jika tanpa adanya hadiah, entah pergi kemana. Sekali dua kali hal ini boleh dilakukan sebagai perangsang agar masyarakat mau mendekat dan mengetahui keberadaan kita, tapi jika dilakukan secara terus menerus berarti masyarakat kita belum terbuka kesadarannya.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : KANG ERMAN | Johny Template | SIGER POS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger