Kembali, FPPTI wilayah Lampung terima Hibah Buku dari The Asia Foundation (TAF) 2019

Matic Pustaka. Hibah buku TAF untuk FPPTI Lampung. Seperti pada tahun 2017 dan 2018, pada kesempatan ini  di tahun 2019 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) wilayah Lampung menerima hibah buku dari TAF. Buku-buku hibah dari TAF memuat hampir semua disiplin ilmu yang diperuntukkan pemanfaatannya kepada perpustakaan-perpustakaan perguruan tinggi, sebagai bahan referensi/literature pendidikan dan penelitian. Kepala UPT Perpustakaan Unila sekaligus Ketua FPPTI wilayah Lampung, DR. Eng. Mardiana, S.T., M.T mengatakan, "pada tahun 2019 ini, jumlah judul buku yang diterima FPPTI wilayah Lampung adalah 180 judul, yang terdiri atas 1730 eksemplar. Sesuai dengan program kerja yang dimiliki FPPTI wilayah Lampung, buku-buku tersebut akan dibagikan secara cuma-cuma kepada perguruan tinggi yang terdaftar sebagai anggota. Adapun dari FPPTI wilayah Lampung sudah memiliki keanggotaan berjumlah 23 perguruan tinggi negeri dan swasta. Jumlah tersebut belum semua perguruan tinggi  yang ada di Lampung terdaftar sebagai anggota forum."
Di antara perguruan tinggi yang hadir dan terdaftar sebagai anggota aktif adalah Unila, UIN Raden Intan, Itera, Polinela, Poltekkes, Unimal, IBI Darmajaya, UBL, UM Metro, UTI, UMPRI, UAP, Akper Dharma Wacana, Akper Bunda Delima, UML, Akbid Panca Bakti.

Briefing tim identifikasi buku hibah TAF 2019

Secara teknis, pengelolaan buku hibah TAF yang dilakukan FPPTI Lampung ada beberapa proses/tahapan, yakni:

1. Identifikasi bahan pustaka. Proses ini meliputi pencocokan data yang ada dengan pengecekan fisik buku yang diterima. Dalam proses identifikasi buku, pelaksanaan dilakukan setelah selesai dengan kegiatan pelatihan Augmented Reality for Library (ARLib) lanjutan, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 05 November 2019.

Peserta pelatihan ARLib (pengaplikasian poster promosi perpus)

2. Inventaris kebutuhan dari masing-masing perguruan tinggi anggota Forum. Karena tidak semua perguruan tinggi yang menjadi anggota membutuhkan jenis buku dari data yang ada. Dikhawatirkan nanti setelah buku dibagikan, tanpa adanya konfirmasi dari masing-masing anggota, buku tidak dimanfaatkan (mubazir),karena tidak sesuai dengan disiplin ilmunya.

Proses pembongkaran buku hibah

3. Mendata jenis buku yang dibutuhkan oleh masing-masing perguruan tinggi dengan jumlah dan jenis buku yang ada.

Ceklis data judul buku dan jumlah eksemplar


4. Proses pendistribusian buku hibah ke masing-masing anggota berdasarkan data usulan dan diterapkan skala prioritas untuk anggota forum yang aktif dalam kegiatan sesuai program kerja tahun 2019 FPPTI wilayah Lampung.

Diharapkan semua jenis buku yang diberikan oleh The Asia Foundation (TAF) melalui FPPTI wilayah Lampung, bisa dimanfaatkan untuk semua masyarakat, khususnya di dunia akademisi dan umumnya masyarakat secara luas. (Amd-MP)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger