Melakukan Pelayanan Perdana

Lapak Baca Jalanan. Mengawali kegiatannya, di moment spesial bertepatan dengan hari pahlawan 10 November 2016, bersama dengan tiga teman sekerja membuka gelaran lapak baca buku di bawah rumah pamer rest area Kabupaten Pringsewu. Sore itu cuaca agak sedikit kurang bagus, karena selain mendung gerimis pun membersamai dalam penggelaran lapak baca perdana Perpustakaan Keliling Matic Pustaka. Dinamai Matic Pustaka karena sarana yang digunakan / mobile dengan kendaraan motor matic, yang membawa kumpulan buku (pustaka), jadilah Matic Pustaka.
Tak banyak orang yang mendekat, bahkan untuk membaca. Hanya beberapa saja, karena baru pertama dan ditambah cuaca gerimis. Sebagai langkah awal sebuah peristiwa ditandai dengan kegiatan sosial ini, diharapkan bisa menjadi pemantik kegemaran baca tulis di Kabupaten Pringsewu. Sebab pendidikan diawali dari baca tulis, kemudian dilanjutkan dengan berhitung dan seterusnya. Itulah sebagian dari literasi dasar yang perlu kita ketahui sebagai modal dalam mendidik dan memberikan asupan nutrisi otak kepada generasi muda khususnya, dan semua kalangan pada umumnya.

  Gelaran lapak baca untuk pertama kali di rest area Pringsewu.
Apa yang telah dilakukan beberapa pemuda di Pringsewu ini, sedikit banyaknya sudah berperan serta dalam memajukan pendidikan di daerahnya. Tanpa adanya pamrih bayaran maupun materi, mereka sudah mau meluangkan waktu dan tenaganya hanya untuk menggelar buku-buku bekas yang diperuntukkan masyarakat. Merupakan bentuk kepedulian sesama dalam mendapatkan bahan bacaan.
Hal yang melatari kegiatan ini adalah faktor hobi yang dipadukan dengan rasa empaty sesama, sehingga terwujud kegiatan ini. Perlu juga adanya kerja sama antar sesama masyarakat dalam menyukseskan tujuan dari pendidikan, di antara bentuk kerja sama yang bisa dilakukan adalah: dengan mendukung kegiatan ini, dengan cara jika ada buku bacaan yang sudah tidak dimanfaatkan lagi bisa dititipkan atau didonasikan ke Matic Pustaka yang kemudian bisa dilayankan kepada masyarakat luas. Bentuk kerja sama yang lain bisa berupa ikut serta dalam memanfaatkan bahan bacaan yang digelar di lapak ataupun kegiatan yang diselenggarakan. Itulah sebagian kecil dari aktivitas Matic Pustaka, harapan ke depan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Pringsewu dalam hal bahan bacaan.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger