Taman Kalpataru Pendopo Pringsewu, tempat alternative pelayanan lapak baca Matic Pustaka

Matic Pustaka. Sore hari selepas Ashar hingga menjelang waktu Maghrib tiba, gelaran lapak baca Matic Pustaka mewarnai Taman Kalpataru di komplek Pendopo Kota Pringsewu. Sesuai dengan jam layan waktu itu, buka setiap hari Sabtu dan Minggu antara pukul 16:00 hingga menjelang Maghrib. Memanfaatkan waktu luang pada sebagian orang bisa dihabiskan untuk sekedar membaca ataupun menyenangkan buah hatinya, selain tersedia berbagai wahana permainan, juga ada sebuah taman yang memang dirancang untuk sekadar bersantai menghabiskan weekend bersama orang-orang terkasih. 
Tak mau ketinggalan ambil peran, di sela kerumunan banyak orang bersantai di bawah pohon Kalpataru belakang Pendopo, Perpustakaan Keliling Matic Pustaka melakukan aksinya dengan menggelar lapak baca diperuntukkan kepada semua pengunjung tanpa membedakan usia, suku, dan agama. 

Area lapak baca di Taman Kalpataru Pendopo Sabtu/Minggu sore
Menawarkan bacaan kepada masyarakat tidaklah semudah seperti menawarkan barang dagangan layaknya pedagang. Perlu pendekatan khusu dengan bahasa yang halus supaya mereka mau mendekat dan akhirnya memegang buku untuk dibaca. Lain hal jika dengan menawarkan barang dagangan, kita bisa saja melakukan demonstrasi produk apa yang kita promosikan kepada masyarakat. Namun disinilah letak kepuasan manakala ada seseorang yang mau mendekat dan mengambil buku walaupun hanya dibaca sebagian saja. Apalagi sampai mau meminjam buku untuk diselesaikan baca di rumah, sesuatu banget rasanya.
Rutinitas ini sempat bertahan lebih kurang satu tahun semenjak pengoperasional Matic Pustaka pertama kali. Selebihnya melayani peminjaman di lingkungan sekitar, karena anak-anak banyak yang memiliki waktu luang selepas pulang mengaji. 

Dalam melakukan gelaran lapak baca Matic Pustaka, biasanya dilakukan sendiri oleh owner Matic Pustaka. Terlepas dari itu, jika ada teman yang berkeinginan untuk membantu dengan senang hati dipersilakan. Melihat kembali tingkat kesibukan dan kebutuhan dari kegiatan tersebut. Selain menyuguhkan bahan bacaan, Matic Pustaka juga membuka ruang diskusi seputaran : Pendirian Perpustakaan/Taman Baca, Literasi Dasar, Kegiatan Sosial Pendidikan yang berkaitan dengan minat baca anak dan masyarakat, seperti pelatihan, seminar, workshop dan lomba-lomba. 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger