Belajar Origami bersama adik-adik komunitas baca Matic Pustaka


Kakak relawan memberi contoh origami kepada adik-adik

Belajar Origami bersama adik-adik komunitas baca Matic Pustaka Pringsewu

Matic Pustaka. Seperti pada hari Minggu sebelumnya, kami mencoba mendekatkan media “BUKU” kepada anak-anak di lingkungan kami dengan memanfaatkan bangunan bekas mushola yang sudah tidak digunakan lagi oleh warga sekitar, karena sudah didirikan bangunan mushola baru di sebelahnya. Agenda pagi ini kami membaca buku dan menceritakan kepada teman di depannya secara bergantian. Tujuan dari membaca dan menceritakan kembali kepada orang lain adalah mengasah daya ingat anak, yang konon kemampuan anak-anak dalam berpikir masih jernih dan sangat perlu diberi asupan nutrisi otak yang baik-baik.


Selain dari kegiatan membaca dan bercerita, bagi anak-anak yang belum bisa membaca akan secara bergantian dibimbing oleh kakak tingkatnya didampingi kakak relawan untuk belajar membaca dan melihat isi buku bergambar warna-warni. Walaupun sedikit ilmu yang ditularkan oleh mereka yang sudah besar, harapannya akan menjadi tambahan amal ibadah bagi kita semua. Kegiatan bermain dan belajar merupakan agenda rutin mengisi hari libur sekolah anak-anak, dari pada berlari-larian kesana kemari, kami coba arahkan di tempat belajar ini agar mereka bisa tetap bermain dan belajar.

Praktik origami melalui panduan yang ditulis sebelumnya

Pada kesempatan kali ini, anak-anak akan belajar seni melipat kertas ala Jepang atau lebih umumnya kita sebut origami. Seni melipat kertas ala Jepang ini sebenarnya sudah sering diajarkan di sekolah-sekolah tempat mereka masing-masing. Namun, di sini akan kami ajarkan juga kegiatan origami. Mungkin dari anak-anak masih ada yang belum tahu dan belum pernah belajar origami. Melalui petunjuk dari sebuah buku yang kami miliki, kami coba untuk mempraktikkan terlebih dahulu sebelum anak-anak ikut belajar. Mulai dari persiapan bahan sampai langkah-langkah menjadi sebuah bentuk yang akan kita buat. Contoh bentuk/karakter dalam buku origami juga banyak ragamnya, saat ini yang akan kita praktikkan yaitu bentuk burung-burungan. Sepertinya sederhana, iya memang sederhana alias simple. Namun bagi pemula seperti saya, akan menemukan kesulitan saat mengawali melipat kertas warna untuk origami. Kebetulan ada relawan dari komunitas kami yang sudah lumayan lancar memahami origami, jadi kita tinggal mengikuti panduan mereka yang sudah pandai.

Langkah-langkah membuat bentuk burung-burungan dengan media kertas:
  1. Siapkan kertas khusus origami atau kertas bebas;
  2. Bentuklah segitiga sama kaki dengan menyatukan ujung kertas ke arah menyilang;
  3. Ulangi membentuk segitiga sama kaki dengan jalan membagi dua segitiga sama kaki sebelumnya;
  4. Bagi dua lagi segitiga sama kaki seperti langkah sebelumnya, jadi total membentuk segitiga sama kaki sebanyak tiga kali;
  5. Buka lipatan hingga kertas tampak utuh seperti semula;
  6. Tarik ujung kertas berhadapan, sehingga membentuk persegi empat
  7. jb 
  8. mmmn

Dari jumlah peserta yang hadir, kami bagi ke dalam 3 (tiga) kelompok menyesuaikan dengan jumlah kakak-kakak yang akan mengajarkan kepada adik-adik. Ada tiga orang kakak relawan memberikan penjelasan sekilas tentang origami, kemudian mempraktikkan di hadapan adik-adik peserta. Setiap kakak, mengajarkan satu kelompok yang jumlahnya antara enam s.d. tujuh peserta. Mereka memperhatikan kakak yang di depannya dan mencatat setiap langkah pada saat melipat. Catatan mereka nantinya yang akan menjadi panduan membuat bentuk origami dan sekaligus menjadi arsip kegiatan dalam bentuk tulisan.

Dua point sudah terlewati, yang pertama yaitu membaca buku yang ada di koleksi kami sebelum melakukan permainan maupun kegiatan praktik, sementara pada point kedua mereka telah menuliskan langkah-langkah untuk praktik origami. Dari kedua point tersebut, sudah menunjukkan bahwa mereka tanpa disadari telah melakukan kegiatan literasi secara langsung bersama dengan kelompoknya. Tinggal menunggu point selanjutnya yaitu mempraktikkan apa yang sudah mereka tuliskan, apakah bisa membuahkan bentuk karya atau mengalami kendala dari apa yang mereka tulis. (Amd-MP)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger