Komunitas Pustaka Matic Pringsewu mendapatkan Pembinaan dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung

 
Pembinaan Komunitas Baca Pringsewu


Matic Pustaka.

Kantor  Bahasa  Provinsi  Lampung bina komunitas baca se-Kabupaten Pringsewu.
Dalam kegiatan ini, komunitas baca yang dipilih mewakili Kabupaten Pringsewu adalah perpustakaan Komunitas Matic Pustaka. Kegiatan pembinaan komunitas baca se-Se-Provinsi Lampung, merupakan agenda rutin dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung, dalam tahun 2019 ini sudah dilakukan di 10 (sepuluh) Kabupaten dan 5 (lima) tempat yang berada di kota Bandarlampung. Salah satunya di Kabupaten Pringsewu, tepatnya di Komunitas Matic Pustaka. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar anak-anak atau generasi muda kita dapat mencintai Bahasa dan dapat menggunakan kaidah Bahasa Indonesia secara baik dan benar dalam lisan maupun tulisan (karya sastra). Lebih lanjut disampaikan kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung, Dra. Yanti Riswara, M. Hum, “dewasa ini semakin menurunnya kemampuan anak dalam menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan berkomunikasi sehari-hari serta menggunakannya dalam bentuk tulisan, mudah-mudahan ke depan setelah diadakan pembinaan komunitas baca ini mereka (anak-anak) bisa mengaplikasikan sesuai kemampuan dan mengacu pada kaidah yang benar.”


Pembagian kelompok pada saat pembinaan berlangsung

Bekerja sama dengan komunitas perpustakaan Matic Pustaka diharapkan agar penyebaran informasi/materi pembinaan bisa lebih mengena dan fleksibel. Artinya, anak-anak dari komunitas adalah sasaran yang akan diberikan pembinaan dalam hal literasi, karena di waktu yang sama mereka bersekolah dan mendapatkan pelajaran oleh gurunya di sekolah.

Anak anak yang menjadi peserta kegiatan pembinaan ini berjumlah 30 anak, terdiri dari usia kelas 3,4, dan 5 putera dan puteri yang semuanya mendapatkan porsi materi sama. Dengan dipilihnya 30 anak, harapannya bisa menularkan ilmunya kepada teman-temannya yang tidak berkesempatan mengikuti pembinaan. Adapun bentuk dari pembinaan pada Komunitas Baca sendiri lebih difokuskan pada kemampuan untuk membaca dan menulis, menuangkan ide atau gagasan Mereka dibekali kemampuan membaca dan menulis apa yang sudah dibacanya dituangkan ke dalam bentuk tulisan,  dengan harapan bisa berlanjut ke jenjang usia di masa mendatang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dimulai dari tanggal 25-26 April 2019 cukup membuat anak-anak merasa senang sekaligus menjadi pengalaman baru bagi mereka. Selain dibekali dengan buku baru hasil terbitan Kantor Bahasa yang disayembarakan dan alat tulis untuk praktik selama kegiatan, anak-anak juga diberikan seragam selama mengikuti kegiatan sehingga mereka mendapatkan materi secara fisik maupun non-fisik (ilmu). Ketua Komunitas Matic Pustaka Pringsewu, Aminuddin menyambut dengan senang hati kegiatan Pembinaan yang dilakukan di Komunitasnya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh panitia atas semua materi dan ilmu yang diberikan kepada anggota komunitasnya. Semoga menjadikan keberkahan bagi yang memberi, terlebih bagi mereka yang menerima dan mau mengamalkan kepada teman-teman yang lain. (Amd-MP)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger