Hari Kartini bersama anak-anak di Komunitas Baca

Matic Pustaka. Selamat hari Kartini, 21 April 2019.

Minggu pagi di bangunan bekas mushola Al-Ikhlas Dusun Karang Kembang RT RW 05/03 Pekon Margakaya Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu-Lampung dimulai dari pukul 08:00 s.d 10:30 bersama anak-anak lingkungan sekitar yang kesehariannya bermain dan mengaji, untuk kali kedua mereka saya ajak berkumpul dan melakukan aktivitas literasi. 

 
Kegiatan mewarnai bersama e-comic HGS


Bersama anak-anak warga sekitar, kami mengadakan kegiatan mewarnai bersama dengan tema "Susi Sang Bendahara Kelas". Merupakan konsep e-comic yang berasal dari sebuah komunitas literasi nirlaba daerah Pekanbaru Riau yaitu HGS (Hidden Gems Story) dalam upaya menumbuhkan kegemaran belajar anak-anak dengan menerapkan konsep sayembara mewarnai. Dengan melakukan kerja sama jarak jauh bersama HGS, akhirnya kami sepakati untuk menjadi panitia lokal dan menerapkannya di daerah kami, Pringsewu-Lampung. Semua berawal dari sukarela dan rasa kepedulian terhadap generasi penerus perjuangan bangsa, tanpa ada imbalan sedikitpun diniatkan sebagai kegiatan sosial kepada masyarakat.

Konsep yang diterapkan oleh HGS adalah sayembara, dan hadiahnya adalah karya terbaik akan dimuat menjadi antologi e-comic di kemudian hari akan dicetak untuk bahan bacaan anak-anak di seluruh penjuru negeri. Namun berbeda dengan komunitas kami, walaupun nanti akan ada yang menjadi juara di pihak HGS, kami sebagai pengelola komunitas akan tetap memberikan reward kepada anak-anak yang karyanya menurut kami masuk sebagai nominasi terbaik di lingkungan kami. Reward berupa buku tulis dan alat untuk menggambar sederhana serta piagam penghargaan yang sudah kami siapkan bersama tim relawan lainnya.

Sebelum memulai kegiatan mewarnai bersama, terlebih dahulu mereka berkumpul untuk berdoa sebelum beraktivitas, agar kelak mereka terbiasa dengan hal-hal positif. Kemudian setelah semuanya sudah siap dengan alat mewarnainya, gelaran buku seperti biasanya kami suguhkan kepada anak-anak sebagai salah satu syarat untuk mengawali kegiatan pagi itu dan untuk kegiatan-kegiatan mendatang. 

Sebelum mewarnai, anak-anak membaca buku bersama

Harapannya dengan menarik minat anak-anak melalui kegiatan mewarnai bersama, hal ini bisa menjadi perantara /sarana bermain hingga belajar terhadap anak kedepannya. Diawali pada pagi ini, Minggu 21 April 2019 yang akan berlanjut ke hari Minggu berikutnya di jam dan tempat yang sama. Sambil belajar dan bermain, anak-anak diharapkan senang dan terbiasa melakukan kegiatan serupa dimanapun mereka berada. Amd-MP
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger