Lapak Baca Matic Pustaka turut ramaikan HUT ke-9 Kabupaten Pringsewu

Riuh rendah suasana di lingkungan pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Pringsewu yang ke-9. Semua satker (satuan kerja) sibuk mempersiapkan stan pamerannya masing-masing. Mulai dari pendirian tenda untuk tempat memamerkan produk barang dan jasa disetiap kantor,  hingga menghiasnya seapik mungkin agar menarik para pengunjung. Selain menjadi ajang promosi, setiap stan yang ada akan dikunjungi oleh orang nomor satu di Kabupaten Pringsewu juga akan diberikan penilaian oleh tim penilai. Yang menjadi standar penilaian salah satunya adalah kemenarikan dekorasi, isi stan, dan tentunya produk yang dipajang. Banyaknya pengunjung yang datang, menunjukkan bahwa stan tersebut memiliki sesuatu yang berbeda, sehingga mampu menarik perhatian dari para pengunjung yang datang. 



Peserta pameran selain dari satker di wilayah kerja setempat, juga dihadiri oleh beberapa komunitas dan organisasi swasta di kabupaten  Pringsewu. Di antaranya adalah komunitas Pringsewu atau Pringsewu Community. Sebuah group sosial media Facebook yang sebagian pengurus dan anggotanya menunjukkan diri di dunia nyata saling bertemu muka untuk mewujudkan hal positif dari perkumpulan di dunia maya. Konsep yang diterapkan dalam komunitas ini adalah memberikan manfaat kepada  sesama seperti salam yang selalu dituliskan dalam setiap postingan yaitu " Salam PC (Pringsewu Community), Salam manfaat" dengan tema kebun bambu dipasang di wall banner paling belakang, sementara di bagian depan dan samping didirikan gazebo yang kemudian diisi dengan beragam produk hasil karya anggota, seperti kerajinan sulam/rajut, seni pahat dari kayu, aneka produk kuliner, pecinta reptil, dan perpustakaan.

Lapak Baca Matic Pustaka di stan PC (Pringsewu Community)
Sebagai warga komunitas, Matic Pustaka berupaya mempromosikan perpustakaan dengan pajangan maupun gelaran buku-buku bacaan kepada para pengunjung yang hadir di stan PC dengan harapan mau mendekati buku kemudian membacanya. Tak hanya melayani masalah baca buku saja, matic pustaka juga menerima masukan,  saran,  ataupun sharing seputaran pendidikan dan literasi. Manakala ada yang berkeinginan mendirikan perpustakaan atau taman baca, siap untuk bekerja sama. Adanya pengunjung yang mampir ke stan PC menjadikan peluang untuk memasyarakatkan perpustakaan yang mungkin selama ini sudah dikesampingkan karena dirasa sudah ketinggalan zaman. Banyaknya sumber informasi saat ini, ada yang menganggap perpustakaan sudah kuno, tradisional dan tertinggal. Namun sejatinya ada hal menarik jika kita mampu memainkan peran sebagai orangtua untuk melatih putera puterinya memperkenalkan dan mencintai buku sebagai sarana yang berdampak positif jangka panjang.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger