Pergerakan IPI di Kabupaten Pringsewu Lampung

Matic Pustaka



Logo IPI Pringsewu

IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) merupakan wadah organisasi profesi bagi pustakawan di seluruh Indonesia. Sejak tahun 1973 didirikan, tepatnya tanggal 6 Juli sudah banyak menelurkan berbagai macam bentuk kegiatan dan kebijakan, lihat Sejarah IPI. Di bawah binaan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, IPI selalu menjalankan amanah yang diberikan oleh Perpusnas, turut berupaya meyebarluaskan Perpustakaan melalui sosialisasi-sosialisasi dalam berbagai bentuk kegiatan, menjalankan visi dan misi yang sesuai dengan tujuan bersama Perpusnas RI. Selain dari kegiatan pemasyarakatan perpustakaan, IPI terus mengembangkan sayap organisasi hingga ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat provinsi hingga kecamatan yang ada di seluruh nusantara. Organisasi profesi pustakawan tentunya memiliki visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai.

Visi

Menjadi organisasi profesi yang mandiri, dapat memenuhi tuntutan zaman, serta mampu berperan dalam mewujudkan terciptanya layanan informasi yang kompetitif dalam upaya mencerdaskan bangsa.
 
Untuk mendukung tercapainya sebuah visi organisasi, perlu adanya misi.
Misi
  1. Memberdayakan anggota IPI menjadi tenaga layanan informasi yang kompetitif.
  2. Memasyarakatkan jasa perpustakaan, dokumentasi dan informasi (pusdokinfo) sesuai dinamika kebutuhan masyarakat.
  3. Berperan aktif dalam menumbuh kembangkan semua aspek kepustakawana
Tujuan
  1. Meningkatkan profesionalisme pustakawan Indonesia.
  2. Mengembangkan ilmu perpustakaan dan informasi.
  3. Mengabdikan dan mengamalkan tenaga dan keahlian pustakawan untuk bangsa dan negara.
  4. Memajukan dan memberikan perlindungan kepada anggota.
IPI Kabupaten Pringsewu terbentuk pada tanggal 06 September 2013 bersamaan dengan pengukuhan pengurus IPI yang dilakukan oleh Ketua IPI Provinsi Lampung Ibu Eni Amaliah, M. Ag bertempat di aula STMIK Pringsewu. Penjabat ketua IPI waktu itu bapak Drs. Rudito PH, M. Pd periode 2013-2016. Mengikuti visi dan misi IPI Pusat, Kabupaten Pringsewu sudah menjalankan beberapa yang menjadi misi IPI. Pada sebagian lagi masih dalam proses persiapan untuk menindaklanjutinya.
 

Pengukuhan Pengurus IPI Pringsewu periode 2013-2016
 
1.   



 
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : KANG ERMAN | Johny Template | SIGER POS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger