Memanfaatkan Styrofoam bekas untuk sebuah plang nama

Matic Pustaka. Pernahkah Anda berpikir menjadikan Styrofoam bekas bernilai guna? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung pada tangan siapa benda itu berada. Pada sebagian orang, barang bekas seperti Styrofoam mungkin setelah dimanfaatkan sebagaimana umumnya akan dibawa ke tempat sampah untuk dimusnahkan/dibakar. Karena dirasa sudah tidak bisa digunakan untuk sebuah kebutuhan. Namun, sesungguhnya masih ada manfaat dari sebuah barang bekas seperti Styrofoam. 



Seperti yang tengah dilakukan oleh salah seorang pengelola perpustakaan, disela kesibukannya mengurus perpustakaan ada kalanya memanfaatkan waktu istirahat dengan membentuk ukiran huruf-huruf menjadi sebuah kata/lambang pada sebuah Styrofoam bekas. Kebiasaan ini belum lama dijalani, idenya pun muncul sesaat ketika melihat tulisan timbul dari bahan kayu di seluruh pertunjukan pasar malam biasanya ada jasa pembentukan nama orang dari cuilan papan yang dibentuk huruf-huruf lepas dan sambung. Dari situlah muncul ide untuk mencoba ditulis pada sebuah Styrofoam dan tentunya lebih lunak dan ringan dibanding dengan kayu/papan. Ada kelebihan dan kelemahan dalam proses pengerjaannya terutama dari peralatan yang digunakan. Sebagai pemula dalam mengukir di media Styrofoam, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini.
1. Perlu kehati-hatian pada saat menusukkan dan mengiris Styrofoam, jika dilakukan dengan asal-asalan sudah bisa  dipastikan hasilnya pun akan kurang  bagus,

2. Peralatan harus benar-benar tajam, ini penting karena jika pisau ukir tidak tajam maksimal maka akan menimbulkan goresan tidak rata mbradul (tidak beraturan Red),

3. Selalu jaga konsentrasi pada objek yang dihadapi, jangan sekali-kali teledor melakukan pengukiran tanpa memperhatikan mal/konsep awal, karen akan berdampak pada bentuk ukiran dan jika sudah telanjur terpotong atau teriris susah untuk disambung lagi.

Plang nama sebuah toko buku di Bandung


Yang bisa digambar ataupun dituliskan dengan media Styrofoam sebenarnya banyak, seperti papan nama sebuah tempat, toko, ruangan bahkan karangan bunga papan pun bisa dikreasikan dengan Styrofoam. Hanya saja pada kebanyakan orang kurang memanfaatkannya, pada sebagian orang lebih memilih media lain untuk yang digunakan. Mungkin karena terlalu rumit dan berkesan ringkih, sehingga jarang dijadikan alternatif sebagai bentuk seni.

Teras Baca Matic Pustaka

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : BERANDA PRINGSEWU | Johny Template | SEWUJOS
Copyright © 2016. MATIC PUSTAKA - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger